Ketahui Cara Hak untuk Meminum Air dalam Keseharian

Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari air. Selain Oksigen, air mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita.Selain oksigen, air adalah komponen terpenting yang dibutuhkan tubuh. Air berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan dan proses kimia tubuh, membuang kotoran, melancarkan persendian, dan menyalurkan nutrisi ke sel sel tubuh.
Demikian pentingnya air, tubuh kita lebih bisa bertahan tanpa makanan daripada tanpa air.Rata-rata, tubuh kita mengandung sekitar 60% air. Dari otak, otot, dan kulit yang mengandung sekitar 75% air sampai ke tulang yang mengandung sekitar 20% air. Karena itu, sudah sewajarnya kita memperhatikan quality dan quantity air yang kita minum.

Untuk berfungsi dengan baik, tubuh memerlukan sekitar 2 liter air setiap hari, tergantung dari berat badan dan aktivitas yang dilakukan. Minumlah secara berkala sekitar 1 gelas air setiap jamnya. Jangan menggunakan rasa haus sebagai tanda untuk minum karena pada saat itu tubuh sudah benar benar kekurangan air.Juga, minimalkan minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, soft-drinks) dan alkohol karena minuman tersebut bersifat diuretic, yaitu mengeluarkan lebih banyak air dari tubuh daripada memasukan. Sehingga pada akhirnya, tubuh akan menjadi lebih haus dari sebelumnya.


Quote:
Quote:

Quote:

By Dr. Willie T. Ong
Tubuh kita terdiri dari sebagian besar air. Hanya melihat fakta: Otak 74% berisi air, darah mengandung air 83%, otot 75% dan tulang memiliki 22% air. Para ahli sepakat bahwa air adalah salah satu bentuk pengobatan paling kuat. Jadi bagaimana kebanyakan orang datang tidak minum cukup air?

10 Kesehatan Manfaat Air:
  1. Air mencegah batu ginjal. Penyebab paling umum dari batu ginjal tidak minum cukup air. Karena air melarutkan zat yang membentuk batu dalam urin, minum 12 gelas setiap hari membantu mengobati batu ginjal.
  2. Memperlakukan air infeksi saluran kemih. Semakin banyak air yang Anda minum, semakin Anda akan buang air kecil. "Minum banyak air akan membantu flush bakteri berbahaya dari kandung kemih," kata Medical City spesialis ginjal Dr Roberto Tanchanco.
  3. Air membantu pasien dengan diare dengan mencegah dehidrasi. Sebagai bantuan pertama untuk diare, Anda dapat membuat sendiri larutan rehidrasi oral di rumah. Campuran segelas air dengan 2 sendok teh gula dan garam ¼ sendok teh, dan minum sebanyak yang Anda dapat mentolerir. Hal ini mirip dengan solusi dekstrosa di rumah sakit.
  4. Air membantu menurunkan demam. Untuk gejala flu, air dapat membantu menurunkan suhu tubuh Anda ketika Anda buang air kecil yang "panas" keluar dari tubuh Anda. Jika Anda sakit, minum air lebih banyak bagi Anda untuk pulih lebih cepat.
  5. Air membantu mengobati batuk dan pilek, sakit tenggorokan, dan infeksi pernapasan. Air membantu melonggarkan lendir lengket. Seorang spesialis paru-paru dihormati mengatakan kepada saya bahwa beberapa mucolytics luar sana hanya bermanfaat sebagai minum banyak air.
  6. Air mengurangi mulas. Mengambil 2-3 teguk air setiap 20 menit atau lebih dapat membantu menyiram asam lambung jauh. Pisang dan air alternatif yang efektif untuk antasida mengambil. Cobalah.
  7. Air mencegah sembelit dan komplikasinya. Terlalu sedikit air dapat mengeras tinja dan menyebabkan wasir dan diverticulosis, penyakit dari usus besar. Minum air dan makan banyak sayuran untuk melembutkan kotoran Anda.
  8. Air membuat Anda tetap waspada dan energik. Jika Anda mengalami dehidrasi, darah Anda secara harfiah lebih tebal. Hal ini membuat lebih sulit bagi darah untuk beredar. Akibatnya, otak dapat menjadi kurang aktif dan Anda bisa merasa bingung dan lelah. Beberapa penelitian juga menunjukkan air yang dapat membantu menyembuhkan migren.
  9. Air membantu mengurangi berat badan. Dengan minum segelas atau dua air sebelum makan, Anda akan mengurangi jumlah makanan yang dapat Anda lakukan dalam rangka untuk merasa kenyang. Air memiliki nol kalori dan tidak akan membuat Anda gemuk.
  10. Air membuat kulit Anda lembut dan bercahaya. Sama seperti orang yang dehidrasi akan memiliki mata cekung dan kulit keriput, sehingga akan sebuah pameran seseorang terhidrasi penuh nada kulit normal dan indah.



Quote:
Quote:


Quote:
Jadwal yang benar minum air dalam keseharian kita akan memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh kita masing-masing.
  • Dua gelas air - Setelah bangun tidur - Membantu mengaktifkan organ internal
  • Satu gelas air - 30 menit sebelum makan - pencernaan Bantuan
  • Satu segelas air - Sebelum mandi - Membantu menurunkan tekanan darah
  • Satu segelas air - Sebelum tidur - Untuk menghindari stroke atau serangan jantung

Berikut Detail Cara Tepat Untuk Minum Air:
  1. Minum air ketika Anda bangun. Tubuh Anda kehilangan air saat Anda tidur, sehingga gelas minum sebelum Anda pergi tidur, dan kaca lain ketika Anda bangun. Anda secara alami haus atau dehidrasi di pagi hari. Minum air di pagi hari membantu flush out racun yang telah terakumulasi sepanjang malam.
  2. Minumlah 8 sampai 12 gelas sehari. Menurut Mayo Clinic, individu 120-pound kebutuhan 8 gelas air sehari, sementara orang 190-pon akan membutuhkan 12 cangkir sehari-hari. Dr Robert Tanchanco mengatakan bahwa kita harus memantau warna urin kita dan menyimpannya di sisi terang. Namun, hanya minum maksimal 16 gelas sehari, dan tidak lebih.
  3. Minum sedikit demi sedikit sepanjang hari. Adalah lebih baik untuk meneguk air sepanjang hari daripada minum dua gelas sekaligus. Hal ini akan mengurangi stress pada jantung (terutama jika Anda memiliki penyakit jantung) dan memberikan tubuh Anda lebih banyak waktu untuk menyerapnya.
  4. angan tunggu sampai Anda haus untuk minum air. Pada saat Anda merasa haus, Anda mungkin sudah 2 gelas di bawah kebutuhan normal Anda air. Orang tua juga kurang peka terhadap kebutuhan tubuh akan air.
  5. Minum air, bukan minuman ringan, alkohol atau kopi. Beberapa ahli percaya bahwa teh, soda dan kopi dapat berpotensi dehidrasi. Selain itu, fosfor tinggi dan kadar gula dalam minuman cola dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan diabetes. Satu studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum enam cangkir kopi setiap hari mengalami dehidrasi ringan. Minum alkohol jauh lebih buruk karena sebenarnya dehidrasi Anda dengan membuat Anda buang air kecil banyak.
  6. Melatih anak untuk minum air. Mengatur contoh yang baik untuk anak-anak Anda dan air minum bersama. Pastikan bahwa anak-anak minum cukup air ketika mereka sedang aktif. Bungkus air kemasan besar dalam kotak makan siang mereka.
  7. Minum lebih banyak ketika cuaca panas. Masyarakat yang tinggal di iklim panas seperti Filipina harus minum lebih banyak air. Mereka lebih rentan untuk mengembangkan batu ginjal dibandingkan dengan mereka yang tinggal di daerah dingin.
  8. Minum lebih sebagai Anda berolahraga. Ketika Anda berolahraga, Anda harus minum air lebih banyak untuk mengkompensasi kehilangan cairan. Pergi untuk tambahan 500 ml air untuk latihan 30 menit sampai 1-jam. Makan pisang juga membantu menjaga potasium Anda up.
  9. Minum lebih ketika Anda sedang sakit. Meskipun Anda tidak merasa seperti itu, Anda benar-benar perlu minum lebih banyak air untuk membantu tubuh Anda pulih dari berbagai infeksi. Jika Anda mengalami dehidrasi, Anda akan merasa jauh lebih buruk.
  10. Minum lebih banyak jika Anda hamil. Wanita yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan cairan untuk tetap terhidrasi. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil minum 10 gelas cairan sehari-hari dan wanita yang menyusui mengambil di 13 gelas cairan sehari



Akibat Bila Kita Telat atau Jarang Minum Air
Bila kebutuhan air tubuh kita tidak dipenuhi, maka sedikit demi sedikit masalah kesehatan akan mulai muncul. Mulai dari rasa lelah (fatigue) dan sakit kepala, sampai yang parah seperti batu ginjal. Air diperlukankan oleh semua organ dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan sempurna seperti :
  • 1. Proses pembuangan racun / toxin
    2. Pelicin bagi sendi-sendi
    3. Membantu proses pencernaan
    4. Menstabilkan suhu tubuh
    5. Metabolisma tubuh

0 komentar:

Copyright © 2013 CepzCeppy.